Diskusi 1 : “Kekurangan CLS Knights di Musim Lalu” (Part 3-Habis)

Terakhir, satu paket item yang menjadi perhatian khusus dari teman-teman Knights Society, mengenai Kekurangan atau kelemahan CLS Knights di musim lalu adalah Kebutuhan Big-man dengan Size yang besar, dan kemampuan Rebound saat bertahan maupun menyerang dari para pemain harus di tingkatkan.

Dua hal diatas sebenarnya saling berkaitan, karena seorang Bigman (Posisi PF dan C) pasti memiliki naluri rebound yang bagus.  Rebound merupakan senjata utama atau Kontribusi utama dari seorang Bigman bagi tim-nya.

3.  Penambahan Big-man yang Besar ; Rebound saat Bertahan maupun Menyerang

Musim lalu, CLS Knights di huni oleh beberapa Bigman tangguh seperti Agustinus Indrajaya, Elia Prana Bukit, Freddy Chen, Dwi Haryoko, dan Tony Agus.  Seluruh pemain menunjukan kemampuan mereka masing-masing, dan kontribusi yang di berikan untuk tim cukup signifikan.  Terlebih Agustinus Indrajaya yang di daulat sebagai Captain dari tim CLS Knights.

Permasalahan yang cukup serius adalah, rata-rata bigman yang di miliki oleh CLS Knights masih terlihat kurang besar jika di bandingkan dengan tim-tim lainnya.  Rata-rata tinggi para bigman CLS Knights sekitar 192 cm.  sangat tanggung untuk ukuran Bigman.  Seperti yang di ungkapkan oleh GM Bambang Susilo, kita memiliki bigman yang tanggung-tanggung, Indra(sapaan Agustinus Indrajaya) dengan tinggi 191cm, ukuran pemain  di posisi PF(Power Forward).  Selain tinggi badang, faktor Size badan sangat berpengaruh terhadap seorang Big-man.

Kendala lainnya adalah belum berimbangnya kekuatan antara pemain Inti dengan pemain Bench.  Di kala pemain inti tidak dapat bermain maksimal, para pemain bench juga tidak konsisten untuk siap menutup celah yang di tinggalkan. Beberapa pertandingan terlihat, tim pelatih selalu memaksakan memasang pemain inti.

Sedangkan untuk urusan Rebound, para pemain CLS Knights harus meningkatkan kemampuan mereka dalam Rebound terutama para Bigman.  Saat berhadapan dengan Satria Muda di partai puncak, terlihat bagaimana para pemain CLS Knights keteteran dalam urusan Rebound.  Salah satu penyebabnya bisa jadi kalah size dengan bigman-bigman dari Satria Muda dan beberapa alasan lainnya.

Dalam Bertahan maupun menyerang, faktor Rebound ini sangat memiliki peranan.  Tanpa ofensif rebound, sebuah tim tidak dapat melakukan serangan kedua, ketiga, dst.  Begitu juga dengan defensif rebound, sebuah tim akan sangat susah mendapatkan bola, mengamankan daerah pertahanan dan melakukan serangan cepat untuk menghasilkan points.  Rebound sangatlah berarti dalam permainan bola basket.

(Habis)

Kontributor : Seluruh teman-teman KnightsSociety

Posted on April 30, 2011, in From Fans and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: